PENGANGGARAN



Anggaran

Anggaran (Budget) adalah rencana kuantitatif aktivitas usaha sebuah organisasi (pemasaran, produksi dan keuangan) ; anggaran mengidentifikasi sumber daya dan komitmen yang dibutuhkan untuk memenuhi tujuan organisasi selama periode dianggarkan.

Penganggaran adalah penciptaan suatu rencana kegiatan  yang dinyatakan dalam ukuran keuangan. Penganggaran memainkan peran penting di dalam perencanaan, pengendalian, dan pembuatan keputusan. Anggaran juga untuk meningkatkan koordinasi dan komunikasi.


Karakteristik Anggaran :

1.      Anggaran mengestimasi potensi laba satuan bisnis
2.      Anggaran dinyatakan dalam istilah moneter, walaupun jumlah moneter dapat saja ditunjang oleh jumlah non moneter (missalnya, unit yang dijual atau diproduksi).
3.      Mencakup periode satu tahun.
4.      Anggaran merupakan komitmen manajemen; manajer sepakat untuk mengemban tanggung jawab atas pencapaian tujuan yang dianggarkan.
5.      Usulan anggaran ditelaah dan disetujui oleh otoritas yang lebih tinggi ketimbang oleh pihak yang menganggarkan (budgetee).
6.      Begitu disetujui, anggaran hanya dapat diubah dalam kondisi yang ditetapkan.
7.      Secara berkala, kinerja finansial sesungguhnya dibandingkan dengan anggaran, dan selisihnya dianalisis dan dijelaskan.



Tujuan Pokok Anggaran 


       Memprediksi transaksi dan kejadian finansial serta non finansial di masa yang akan datang

       Mengembangkan informasi yang akurat dan bermakna bagi penerima anggaran.


Manfaat Penganggaran  

Anggaran menunjukkan kepada manajemen

       Angka laba yang dikehendaki oleh perusahaan.
       Sumber daya yang diharapkan dapat dihasilkan atau digunakan selama periode anggaran yang akan datang.
       Memberikan landasan untuk pengambilan keputusan alternatif yang terbaik.


Keterbatasan Penganggaran  

       Dalam banyak kejadian, anggaran cenderung terlalu menyederhanakan fakta situasi nyata di lapangan
       Terlampau menekankan hasil ( Yi : laba bersih sesung- guhnya dibandingkan dg jumlah laba yang dianggar kan), namun bukan pada sebab musababnya.
       Tema partisipatif pada anggaran menuntut dukungan penuh dan keterlibatan manjemen.
       Dapat menggerogoti inisiatif manajemen dengan meng halangi perkembangan dan tindakan baru yang tidak tercakup dalam anggaran.
       Proses penganggaran bukanlah ilmu murni dan pertimbangan yang baik memainkan peran esensial.


Sistem Penganggaran untuk Aktivitas Bisnis.

Terdapat 4 (empat) ancangan dasar terhadap anggaran :

(1)        Penganggaran inkremental
(2)        Penganggaran basis nol
(3)        Penganggaran Statik dan
(4)        Penganggaran fleksibel.


Anggaran Inkremental (Incremental Budget)

Yakni metode anggaran yang hanya mempertimbangkan perubahan sumber daya dari anggaran tahun sebelumnya. Dalam hal ini anggaran sebelumnya, berfungsi sebagai landasan bagi penganggaran sumber daya inkremental.

Keunggulan ancangan inkremental adalah bhw ancangan ini menyederhanakan proses penganggaran dengan hanya memperhitungkan kenaikan berbagai pos anggaran.

Kelemahannya adalah bahwa pemborosan dan inefisiensi dapat menumpuk dari tahun ke tahun tanpa pernah diketahui.






Contoh Anggaran Inkremental

PT Safira Prima
Anggaran Inkremental untuk Tahun 20XX

Kenaikan Gaji                                                                Rp.    8.000.000
Posisi Penyelia baru                                           Rp.  15.000.000
Posisi Manajerial baru                                        Rp.  28.000.000
Kenaikan anggaran operasional              Rp.  54.000.000
Program riset baru                                                          Rp.    3.500.000
   Jumlah                                                             Rp.108.500.000


Anggaran Basis Nol (Zero-Based Budget)

Dalam penganggaran ini, semua jajaran manajemen bertolak dari nol dan mengestimasi kebutuhan sumber daya yang diperlukan untuk mendanai aktivitas-aktivitas tahun anggaran.


Anggaran Statik (Static Budget)

Yakni merupakan ancangan yang dipakai oleh banyak perusahaan jasa dan ada banyak fungsi jasa pendukung seperti bagian pembelian, bagian akuntansi, dan bagian hukum.

Anggaran Fleksibel (Flexible Budget)

Anggaran ini mengaitkan volume aktivitas dengan jumlah rupiah yang dianggarkan. Bermanfaat terutama dalam menaksir dan mengendalikan biaya pabrik dan beban operasi.

Ada tiga kegunaan dari anggaran ini, yakni :

                   Dapat dipakai untuk merumuskan anggaran sebelum   adanya data taksiran tingkat aktivitas.
                   Dapat dipakai setelah adanya data untuk menghitung berapa seharusnya biaya untuk tingkat aktivitas aktual.
                   Membantu manajemen dalam menghadapi ketidak pastian dengan memampukan mereka untuk melihat taksiran hasil dalam kisaran aktivitas tertentu.


Penyusunan Induk Anggaran (Master Budget)

Induk Anggaran (Master Budget) adalah sebuah anggaran komprehensif yang menyatakan keseluruhan rencana bisnis bagi seluruh perusahaan untuk suatu periode yang mencakup satu tahun atau kurang.

Induk Anggaran terdiri atas dua komponen utama, yakni :

(1)        Anggaran operasi, dan
(2)        Anggaran keuangan

Anggaran Operasi merupakan deskripsi rinci pendapatan dan biaya yang dibutuhkan untuk mencapai hasil laba yang memuaskan.

Anggaran Keuangan memperlihatkan ekspektasi arus kas dan posisi keuangan dengan kegiatan-kegiatan usaha yang terencana.

Induk Anggaran untuk sebuah perusahaan pabrikasi akan berisi anggaran berikut :

Induk Anggaran

Anggaran Operasi
Anggaran Keuangan
Angg. Penjualan
Anggaran pengeluaran modal
Angg. Produksi
Anggaran Kas
Angg. Bhn.  Baku Langsung
Laporan Laba Rugi dianggarkan
Angg. Tenaga Kerja Lgs
Neraca Dianggarkan.
Angg. Overhead pabrikasi

Angg. Persed. Akhir Barang Jadi.

Angg. Beban Penjualan  & Adm.



Anggaran Penjualan

Yakni merupakan skedul rinci yang memperlihatkan penjualan yang diharapkan untuk periode yang akan datang. Anggaran penjualan berasal dari estimasi permintaan (dan kesanggupan untuk memasok) akan produk perusahaan pada harga tertentu.

Contoh Kasus : Anggaran Penjualan


Sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang usaha industri tas anak-anak, akan merencanakan penjualan ke beberapa daerah secara kuartalan sebanyak 200.000 unit selama tahun 2006.

Berikut disajikan informasi berkenaan dengan rencana penjualan di atas, yakni sebagai berikut :

Rencana Penjualan selama 4 kwartal adalah sebagai berikut :
Kwartal I                        :  20.000 unit
Kwartal II                       :  60.000 unit
Kwartal III          :  30.000 unit
Kwartal IV         :  18.000 unit

Harga jual/unit    :  Rp. 1000

Tagihan kas kwartal IV pada tahun sebelumnya (2005) adalah Rp. 3.100.000

Tagihan kas penjualan sebagai berikut : 70% ditagih dalam kwartal penjualan, sedangkan sisanya 30% ditagih pada kwartal berikutnya.

Penjualan pada kwartal IV terdapat sebanyak Rp. 5.400.000 yang tidak tertagih dan dimasukkan sebagai piutang usaha pada akhir periode tahun 2006 



PT Singga Buana




Anggaran Penjualan



31 Desember 2006










                                
Kwartal


Keterangan
I
II
III
IV
Tahun
Expektasi Penjualan
20000
60000
30000
18000
128000
Harga Jual per Unit
1000
1000
1000
1000
1000
Jumlah Penjualan
20000000
60000000
30000000
18000000
128000000







Skedul Ekspektasi Penagihan Kas

Piutang Usaha
3100000



3100000
Penjualan





  Kuartal I (20jt x





  70%, 30%)
14000000
6000000


20000000
  Kuartal II (60jt x





  70%, 30%)

42000000
18000000

60000000
  Kuartal III (30jt x





  70%, 30%)


21000000
9000000
30000000
  Kuartal IV (18jt x





  70%)



12600000
12600000






Jml Kas yg Ditagih
14000000
48000000
39000000
21600000
125700000
























Anggaran Produksi (Production Budget)

Yakni merupakan skedul rinci yang mengidentifikasi produk atau jasa yang harus dihasilkan atau disediakan utnuk meraih penjualan yang dianggarkan dan kebutuhan persediaan.


Kebutuhan produksi.

Jumlah unit produk yang akan diproduksi (produksi dianggarkan) dapat ditentukan dengan cara :

(Tingkat persediaan akhir barang jadi yang dikehendaki + Taksiran penjualan) – Tingkat Persediaan awal barang jadi yang dikehendaki.





Berdasarkan data penjualan di atas, buatlah angaran Produksi dengan ketentuan sebagai berikut :




Diketahui :

             Jml persediaan akhir yang dikehendaki sebesar 20% dari penju-alan kuartal berikutnya.
             Jumlah persediaan awal adalah sama dengan jumlah perse- diaan akhir pada kuartal sebelumnya.



PT Singga Buana




Anggaran Produksi



31 Desember 2006









Keterangan

                                
Kwartal



I
II
III
IV
Tahun
Expektasi Penjualan
20000
60000
30000
18000
128000
Persed Akhir yg dikehendaki
12000
6000
3600
4000
4000
Jml Kebth persed
32000
66000
33600
22000
132000
Persed Awal
-3000
-12000
-6000
-3600
-3000
Jml yg akan Diprod
29000
54000
27600
18400
129000


















Anggaran Bahan Baku Langsung
(Direct Materials Budget)

0 Response to "PENGANGGARAN"

Post a Comment